Fakta Unik Mengejutkan Gunung Sinabung

sumber foto: misteri.co.id

Abu Vulkanik juga turut berdoa akan meletusnya Gunung Sinabung

                Gunung Sinabung adalah gunung Stratovolcano (Gunung Api Kerucut) yang terletak di Dataran Tinggi Karo, Kabupaten Karo, Sumatera Utara, Indonesia. Gunung Sinabung menjadi gunung yang mempunyai status awas saat diketahui mulai aktif kembali. Saat statusnya menjadi awas, masyarakat yang berada di wilayah Karo diminta untuk tidak mendekati gunung tersebut. Seperti ditayangkan Liputan6 Siang SCTV, Selasa (26/9/2017), warga diharapkan waspada dan tidak memasuki zona bahaya yang telah ditetapkan, serta menghindari aliran sungai bila hujan turun agar terhindar dari lahar dingin.

Tahukah kamu teman-teman, saat ditetapkan menjadi status aktif kembali, berbagai macam fakta yang unik dan mengejutkan mulai diketahui. Apa saja yang terjadi?

1. Gunung Sinabung, Gunung Si “Putri Tidur”
sumber foto: wikipedia.com
Gunung Sinabung pertama kali meletus pada tahun 800. Setelah itu, gunung Sinabung tidak pernah erupsi lagi. Tak disangka, gunung yang dikatakan telah mati meletus lagi pada tahun 2010, 2013, dan 2016. Sejak saat itu Gunung Sinabung terus bererupsi  dan tak pernah absen. Tidak ada yang tahu persis kapan Sinabung akan berhenti erupsi. Yang jelas para pengungsi sudah di pindahkan ke tempat yang aman.

2. Meletus Pada Bagian Samping
sumber foto: kelompokipa34.wordpress.com
Walaupun Gunung Sinabung termasuk Stratovulcano, tapi gunung ini justru tidak meletus dari atas puncaknya. Gunung Sinabung meletus pada bagian samping yang setiap waktu terkikis. Hal ini yang membuat orang takut jika Gunung Sinabung meletus. Masyarakat mengkhawatirkan bahwa gunung ini nantinya akan rata dengan tanah bukan membentuk kawah.

3. Menjadikan Erupsi Gunung Sinabung menjadi latar prawedding
sumber foto: hipwee.com
Pasangan asal Malaysia bernama Keow Wee Loong bersama kekasihnya melakukan sesi foto prewedding di depan gunung yang sedang berada di puncak erupsi. Keow menceritakan pada halaman Facebooknya bahwa ia tertarik akan suasana Sinabung, sekaligus faktor kedekatan wilayah antara Malaysia dengan Sumatera Utara.

4. Dua orang turis mendaki Sinabung saat siaga
sumber foto: Instagram @pixees
Dua pria yang tidak diketahui asalnya ini, mendaki Gunung Sinabung yang berstatus siaga pada 7 Agustus 2017.  Mereka mendaki dengan tujuan untuk mendokumentasikan kawah Gunung Sinabung menggunakan drone. Turis yang memiliki akun instagram @pixees ini mengatakan bahwa saat ia mendaki Sinabung tidak ada tanda larangan yang tertulis dan jangan daki gunung tersebut  karena bisa dipenjara, tersesat, atau terluka.

5. Abu Vulkanik Gunung Sinabung Membentuk Orang Berdoa
sumber foto: semedan.com
Ada kejadian yang aneh terjadi pada saat Sinabung kembali mengeluarkan abu vulkanik. Entah ini merupakan hal yang biasa atau kebetulan namun bentuk kepulan asap yang melambung setinggi 8 meter itu membentuk seperti sosok orang yang sedang berdoa, dan mengadah ke langit. Banyak yang beranggapan bahwa peristiwa tersebut mengingatkan kita akan kuasa Tuhan dan jangan lupa memohon ampunan kepada Yang Maha Kuasa.

Banyak fakta-fakta yang ternyata disimpan oleh Gunung Sinabung. Banyak sekali fakta-fakta kecil yang belum terungkap oleh media ataupun seorang penulis blogger seperti saya. Tapi apapun yang kita ketahui sekarang tentang bencana Gunung Sinabung ini, semoga kita bisa mengambil hikmahnya dan semoga situasi saudara-saudara kita di tanah karo segera membaik. Amin.

Pray For Tanah Karo.







Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Review: Ludo King

Fakta Unik Berang-berang Laut