Fakta Unik Berang-berang Laut

Berang-berang laut (Enhydra lutris). Foto: wikimedia.org
Hewan ini suka membersihkan diri di laut dan suka berkelompok…

Hai teman-teman
Siapa yang ingat dengan film Finding Dory?

Finding Dory adalah film animasi keluaran Disney Pixar yang menceritakan tentang Dory si ikan Blue Tang yang mencari kedua orang tuanya. Dalam perjalanannya, ia melewati berbagai rintangan dan bertemu teman-teman baru. Teman-temannya selalu membantu Dory dalam misinya.

Ada salah satu adegan di Film Finding Dory yang membuat aku gemes melihatnya. Yaitu pada saat sekelompok Berang-berang Laut yang berusaha membantu Dory untuk memberhentikan Nemo yang terjebak di dalam truk berisi ikan-ikan laut.

Berikut cuplikannya




Gemes kan? Tak hanya itu, aku akan ngasih fakta-fakta unik tentang si hewan berbulu tebal ini.

1. Hidup di Perairan
Namanya adalah Berang-berang Laut (Enhydra Lutris). Mereka banyak ditemukan di daerah pesisir pantai Samudra Pasifik bagian utara, tepatnya di perairan sekitar Kepulauan Kuril (Rusia) & di Semenanjung Alaska hingga pesisir California di Amerika Utara. Mayoritas dari mereka suka menghabiskan waktu di dalam air. Bahkan, induk berang-berang laut melahirkan di dalam air!

2. Anti Air
Mereka bisa bertahan lama di dalam air karena mempunyai kaki yang berselaput dan bulu anti air. Berang-berang laut juga punya hidung dan telinga yang bisa menutup saat terkena air.

3. Tidur Mengambang
Berang-berang laut suka tidur mengambang mengikuti arus permukaan laut sambil menghadap ke langit. Mereka tidur mengambang bersama teman atau kelompoknya sambil berpegangan satu sama lain.

4. Suka Bersih-bersih
Berang-berang laut suka bersih-bersih. Setelah mereka memakan bulu babi, kepiting, gurita atau makanan kesukaannya, mereka akan langsung membersihkan diri. Mereka membersihkan bulu-bulunya dengan gigi dan cakar mereka. Bulu berang-berang laut sangat tebal sehingga bisa membuat mereka tetap hangat di dalam air.

5. Sahabat Ganggang Laut
Keberadaan berang-berang laut kelestarian ganggang laut karena mereka memakan hewan-hewan pemakan ganggang. Dengan berkurangnya jumlah hewan yang pemakan ganggang, populasi ganggang laut & hewan laut lain yang memanfaatkan ganggang laut sebagai tempat hidup pun menjadi melimpah.

Berdasarkan daftar merah yang dirilis situs IUCN, berang-berang laut saat ini terancam punah atau endangered loh. Penyebab pasti menurunnya populasi hewan ini belum diketahui, namun infeksi penyakit dan serangan parasit seperti bakteri dan jamur menjadi beberapa faktor penyebab kematian hewan ini. Sangat disayangkan ya hewan lucu ini terancam punah…

Mari bersama-sama kita jaga laut supaya hewan yang lucu seperti ini tak punah.

Kamu mau aku tulis fakta unik tentang apa lagi? Komen ya!
Kak Pandaw akan selalu update setiap hari Rabu dan Sabtu

Stay tune ya, bye-bye!

Comments

Popular posts from this blog

Review: Ludo King

Fakta Unik Mengejutkan Gunung Sinabung